4 Kuliner Khas Papua Barat, yang Nikmatnya Tiada Tara


Pancarona Raya - Papua Barat, provinsi yang terletak diujung barat Pulau Papua ini beribukota di Manokwari. Provinsi yang terkenal dengan keindahan alamnya ini, juga memiliki beragam kuliner khas yang sangat enak dan patut dicicipi. Berikut ini empat kuliner khas Papua Barat yang nikmatnya tiada tara, antara lain:

1. Papeda dan Ikan Kuah Kuning


Kuliner khas Papua Barat yang pertama adalah papeda. Papeda adalah bubur yang terbuat bubur sagu dan biasanya disajikan dengan mubara atau ikan tongkol bumbu kunyit. Untuk membuat papeda ini, anda cukup menekok pohon sagu atau rumbai. Setelah diolah, papeda memiliki bentuk seperti lem dan sedikit lengket dengan rasa yang hambar. Meskipun begitu, papeda mengandung cukup banyak serat, rendah kolesterol, dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

2. Keladi Tumbuk


Keladi tumbuk merupakan kuliner khas Papua Barat, yang terbuat dari Keladi atau Talas. Keladi ini biasanya disajikan bersama ikan bakar. Untuk membuat keladi tumbuk, anda cukup merebus keladi hingga matang kemudian ditumbuk hingga halus. Selanjutnya, keladi yang telah halus tadi dicampur dengan kelapa parut, garam, dan gula. Kuliner ini biasanya disajikan sebagai menu tambahan di meja makan acara keluarga, syukuran, pesta adat, atau perayaan lainnya.

3. Kue Lontar


Sepintas kue lontar ini hampir mirip dengan pie susu. Nama lontar pada kue ini, tidak ada hubungannya dengan tanaman lontar. Penamaan lontar ini konon berasal dari serapan Bahasa Belanda yaitu londtart yang bermakna kue bundar.

Bagian dalam kue lontar bertekstur sangat lembut, sedangkan bagian luarnya sangat renyah. Beberapa kota di Papua Barat menjajakan kue lontar ini sebagai oleh-oleh khas bagi para pelancong atau wisatawan.

4. Martabak Sagu


Martabak sagu adalah sajian kuliner khas dari Kabupaten Fak Fak, Papua Barat dengan rasa manis dan gurih yang nikmat. Kuliner ini sebenarnya terbuat dari sagu yang sudah dihaluskan, kemudian ditambahkan dengan gula aren. Masyarakat Papua Barat biasanya menyajikan kuliner ini sebagai kudapan untuk menyambut tamu.


EmoticonEmoticon